MODUL
PELAJARAN BAHASA ARAB TINGKAT
DASAR
SMA
KELAS X
Oleh :
Hj. Yanti Susanti
Maesaroh, S.Pd.
JAKARTA
2013
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum
Warohmatullohi Wabarokatuh
Atas berkat
rahmat Allah Yang Maha kuasa, akhirnya Modul Pelajaran Bahasa Arab berhasil
disusun, segala kemudahan dan kelancaran, Penulis dapat rasakan
selama menyelesaikan Modul Pelajaran Bahasa Arab
Tingkat Dasar ini.
Modul yang berjudul Pelajaran Bahasa
Arab Tingkat Dasar ini, dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk
meningkatkan kualitas proses pembelajaran Bahasa Arab, khususnya agar siswa/i
mampu menguasai keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak,berbicara,
membaca,dan menulis.
Penulis haturkan banyak terima kepada beberapa pihak yang
membantu ataupun mendukung dalam penyelesaian modul ini, diantaranya :
1. Yth. Kepala SMA Negeri Jakarta
2. Para sahabat handai taulan yang tidak dapat Penulis sebutkan satu persatu.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa modul ini masih terdapat
kekurangsempurnaan. Maka saran dan kritik dari semua pihak, yang mengarah
kepada penyempurnaan modul ini sangat diharapkan sekali.
Akhirnya semoga modul ini
dapat memberi manfaat dan nilai
tambah bagi semua pihak yang terkait.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi
Wabarokatuh
Jakarta, 7
Januari 2013
Penulis
ii
فهرس الكتاب
(DAFTAR
ISI)
صفحة
(Halaman)
صفحة الموضوع
i…………………………………………… (HALAMAN JUDUL)
كلمة التقديم
ii …………………………………………. (KATA PENGANTAR)
فهرس الكتاب
iii .……….…………………………………………. (DAFTAR ISI(
الدرس الأول : التعارف
1- 23…..……….…………………… Pelajaran Pertama : Perkenalan
الدرس الثاني : العنوان
24- 47...........…..……….……………………
Pelajaran
Kedua : Alamat
التمرينات العامة
49
48-....……..…..……….…………………… Latihan Ulangan Umum
المراجع
54..………………………………………… )DAFTAR
PUSTAKA(
iii
الدرس الأول : التعارف

nurhyati.blogspot.com
1
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
identitas diri
Kompetensi
Dasar :
1.1 MengidentifIkasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat) yang
diperdengarkan secara tepat
Indikator
Pencapaian Kompetensi
:
1.1.1 Melengkapi kata dengan
huruf, sesuai kata yang
didengar
1.1.2
Memilih kata sesuai dengan yang diperdengarkan
Standar
Kompetensi : Berbicara
2.
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog
sederhana tentang identitas diri
Kompetensi
Dasar :
2.1
Melakukan percakapan pendek sederhana dengan lancar tentang identitas diri
2.2 Memilih dialog sederhana yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan
santun dan tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
2.1.1 Memberikan pertanyaan dan jawaban dengan
lafal dan intonasi yang tepat sesuai konteks tentang identitas diri
2.1.2 Mendemonstrasikan percakapan dengan lafal dan intonasi
yang benar dan lancar sesuai konteks tentang identitas
diri
2.2.1
Menjawab pertanyaan
dalam percakapan
sederhana yang mencerminkan
kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
Standar
Kompetensi : Membaca
3.
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
identitas diri
Kompetensi
Dasar :
3.1 Mengidentifikasi teks sederhana secara tepat
3.2 Menampilkan bacaan nyaring
kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.1.1
Menyesuaikan
informasi dari teks sederhana tentang identitas diri
3.1.2 Mendemonstrasikan bacaan sederhana tentang identitas diri
dengan lancar dan baik
3.2.1 Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan
intonasi tepat
Standar Kompetensi : Menulis
4.
Mengungkapkan
informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
identitas diri
Kompetensi Dasar :
4.1
Menuliskan
kata,frase dan kalimat sesuai dengan
struktur yang tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
4.1.1 Menjelaskan mubtada’ dan khabar sesuai dengan
konteks kalimat
4.1.2 Memilih kosa kata yang tepat sesuai dengan
konteks kalimat
2
الدرس الأول : التعارف
أ- الأستماع
(Menyimak)
A. Huruf Abjad Arab :
|
اْلاَبْجَدُ اْلعَرَبِى
|
ح
|
ج
|
ث
|
ت
|
ب
|
ا
|
Ha’
|
Jim
|
Tsa’
|
Ta’
|
Ba’
|
Alif
|
س
|
ز
|
ر
|
ذ
|
د
|
خ
|
Sin
|
Jai
|
Ra’
|
Dzai
|
Dal
|
Kho’
|
ع
|
ظ
|
ط
|
ض
|
ص
|
ش
|
‘ain
|
Dhoo’
|
Tho
|
Dho’
|
Shod
|
Syin
|
م
|
ل
|
ك
|
ق
|
ف
|
غ
|
Mim
|
Lam
|
Kaf
|
Qof
|
Fa’
|
Ghoin
|
ي
|
ء
|
لا
|
ﻫ
|
و
|
ن
|
Ya
|
Hamzah
|
Lam alif
|
Ha
|
Waw
|
Nun
|
3
B. Harakat (Syakal) :
|
Bagian I
ﹿ
|
ﹻ
|
ﹹ
|
ﹷ
|
Keterangan :
ﹹ
|
Dammah _ u
|
ﹿ
|
Sukun (tanda- mati)
|
ﹷ
|
Kasrah _ i
|
ﹻ
|
Fathah _ a
|
Contoh :
Famu
= فَ
مُ <<<
|
fa
= فَ « ---- a
= ﹷ = ف
|
Mu
= مُ « ---- u
= ﹹ = م
|
Latihan mendengar :
Lengkapilah dengan huruf arab sesuai yang diperdengarkan guru!
1.ر___
|
2.ب ___
|
3.ت ___
|
4. ل
___
|
5.ك ___
|
6.ج ___
|
7.ت ___
|
8.ش ___
|
9.ص ___
|
10.م ___
|
4
Latihan mandiri 1
|
اَلتَدْرِيْبَ
|
- Gantilah dengan huruf latin !
- عَ مُ(1
_____________________ =
نَ
صَ رَ (2
_____________________ =
سَ لِ مَ (3
_____________________ =
- Gantilah dengan huruf Arab yang bersyakal !
1) da ra sa :
_________________
2) ja ha da :
_________________
3) na ja ha :
_________________
C. Harakat (Syakal) :
|
Bagian 2
- Tanwin ( تَنْوِيْنٌ ) : ً ٌ ٍ
- Tasydid (تَشْدِيْدٌ ) : ﹽ
- un : dammatain ( ( an : fathahtain = ( ) in : kasrahtain = ( ) mendobelkan huruf = ﹽ
Keterangan :
- tanwin hanya dapat ditempatkan di akhir kata (tidak boleh di tengah atau diawal )
- tasydid dapat ditempatkan di tengah dan diakhir kata (tidak dapat diawal kata )
5
D. Merangkai Huruf :
|
Ada empat
macam cara penulisan huruf Arab yaitu sebagai berikut :
Contoh
|
Huruf Akhir
|
Huruf Tengah
|
Hrf Awal
|
Huruf berdiri sendiri
|
Contoh
|
Huruf Akhir
|
Huruf Tengah
|
Hrf Awal
|
Huruf berdiri sendiri
|
|
طَالَعَ
|
ط
|
اِيْمَانٌ
|
ﺎ
|
-
|
ا
|
ا
|
||||
ظَفَرَ
|
ظ
|
بَابٌ
|
ب
|
|||||||
يَعْلَمُ
|
ع
|
مَكْتَبٌ
|
ت
|
|||||||
غَيْبٌ
|
غ
|
ثَلاَثَةٌ
|
ث
|
|||||||
فَاَخْلَفَ
|
ف
|
جَنَاحٌ
|
ج
|
|||||||
قَلْقٌ
|
ق
|
اَلْحَاجُّ
|
ح
|
|||||||
كُرَّةٌ
|
ك
|
وَسَخَ
|
خ
|
|||||||
مَلَكَ
|
ل
|
دُنْيَا
|
د
|
|||||||
مِمَّا
|
م
|
لَذِيْذٌ
|
ذ
|
|||||||
نَبِيُّنَا
|
ن
|
خَيْرٌ
|
ر
|
|||||||
وُقُوْدٌ
|
و
|
يَزُوْرُ
|
ز
|
|||||||
هَيْئَةٌ
|
ﮬ
|
جِنْسٌ
|
س
|
|||||||
اِسْلاَمٌ
|
لا
|
شَمْسِيَّةٌ
|
ش
|
|||||||
Ada cara penulisan
tertentu
|
ء
|
صَبْرٌ
|
ص
|
|||||||
يُبَيِّنُ
|
ي
|
مُضِلٌّ
|
ض
|
6
E. Huruf Mad :
|
Huruf mad ialah huruf yang berfungsi memanjangkan bacaan
jumlahnya ada tiga, yaitu :
1. Alif
yang berharakat ( ا )
2. Wawu
yang disukun ( وْ )
3. Ya
yang disukun ( يْ )
F. Ejaan yang diarabkan :
|
1.
Konsonan
Huruf C
|
Ditulis dengan
|
»
|
تش
|
Seperti : Cut
|
تشُوتْ
|
||
Huruf G
|
Ditulis dengan
|
ﮎ \ ك
|
|
Seperti : Gontor
|
كَونْتَورْ
|
||
Huruf P
|
Ditulis dengan
|
ب
|
|
Seperti : Pancasila
|
بَنْتشَاسِيْلاَ
|
||
Huruf Ng
|
Ditulis dengan
|
نج
|
|
Seperti : Bandung
|
بَانْدُونْج
|
||
Huruf Ny
|
Ditulis dengan
|
ني
|
|
Seperti : Nya Dien
|
نَيادِينْ
|
||
7
|
|||
2.
Vokal
Huruf e di tulis dengan ya yang disukun
Jatuh setelah fathah
يْ---
Seperti : Raden =
رَاديْن Dedi
=دَيْدِي
Huruf o di tulis dengan wawu yang sukun
Jatuh setelah fathah
وْ
---
Seperti : Bogor =
بَوْكوَر Gontor =
كَونْتَورْ
3.
Syakal (Tanda Baca)
Huruf e ditulis dengan syakal
( ~ )
Seperti : ajeng :
اَجنْج , Jepara = جبَارَا .
Latihan mandiri 2
|
اَلتَدْرِيْبَ
|
Salinlah dengan huruf Arab !
- Cirebon : 6. Solo :
- Surabaya : 7. Depok :
- Semarang : 8. Lampung :
- Simbarwaringin : 9. Banyuwangi :
- Tengku Cik Ditiro : 10. Panglima Polim :
8
Test Indikator
|
- Lengkapilah kata-kata berikut dengan huruf sesuai yang di perdengarkan oleh guru !
١
|
افِذَةٌ__
|
||
٢
|
صُوْ__َةٌ
|
||
٣
|
أَمَا__َ
|
||
٤
|
__َبَاشِيْرٌ
|
||
٥
|
__حْتَ
|
||
٦
|
مَيْدَا__
|
||
٧
|
فَاطِ__ةٌ
|
||
٨
|
ضَ__بَ
|
||
٩
|
بُ__ْتُقَالٌ
|
||
١۰
|
مَ__تَبَةٌ
|
- Pilihlah kata sesuai dengan yang diperdengarkan oleh guru !
1- عبدلله _____ 2- احمد مدرس _____
أ - استاذ أ- باكستاني
ب -
تلميذ
ب- سعودي
ج -
مدرس ج –
أندونيسي
9
3- انا
تلميذ ____ 4-
حسن استاذ ____
أ - جديد أ- باكستاني
ب -
عليكم ب-
سعودي
ج -
أندونيسي ج –
جديد
5-
السلام _____ 6- محمد استاذ ____
أ -
جديد أ-
باكستاني
ب -
عليكم ب-
سعودي
ج -
أندونيسي ج -
جيد
7-صباح
_____ 8- محمد طالب ____
أ -
جديد أ-
باكستاني
ب -
عليكم ب-
سعودي
ج –
الخير ج -
جيد
9-
كيف _____ 10- محمود
ولد ____
أ -
حالك أ- صالح
ب -
عليكم ب-
ذكي
ج –
الخير ج -
مجتهد
10

11
2.
Ahmad bersama dengan Taufiq berkunjung ke rumah Kholid, lalu Ahmad memperkenalkan
Taufiq kepada Kholid

12

----------------------------------------------------------------------------------------------------------
13
3.
Ahmad bersama dengan Kholid bertemu Ali, lalu Ahmad memperkenalkan Kholid kepada
Ali

14
4.
Salam dalam Bahasa Arab

15
تدريبات
أ-
اعطي الأسئلة و الأجوبة عن التعارف !
؟
صباح النور …………. -1
؟
وعليكم السلام ورحمة الله
…………. -2
؟ اهلا بك…………. -3
خالد ؟ اسمي …………. -4
؟
انا من جاكرتا…………. -5
………... .. مساء
الخير !-6
..………… كيف حالك
؟ -7
…………..ليلتك
سعيدة ! -8
……...…... ما
مهنة ابيك ؟ -9
…………... ! الي اللقاء-10
ب- اجر الحوار مع صديقك امام الفصل !
16
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF
Nama
Siswa : _______________________
Kelas : _______________________
1.
Menjawab Pertanyaan dalam percakapan sederhana
No.
|
Adab
|
Intonasi
|
Ketepatan
|
Kelancaran
|
skor
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
Jumlah
|
|||||
Rata-rata
|
17

18
تدريبات

ج- اقرأ النص جيدا
19
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF
Nama
Siswa : _______________________
Kelas : _______________________
1.
Melafalkan kata/kalimat/frasa
No.
|
Adab
|
Intonasi
|
Ketepatan
|
Kelancaran
|
skor
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
6.
|
|||||
7.
|
|||||
Jumlah
|
|||||
Rata-rata
|
20
(Menulis) د-
الكتابة
ضمير
و مبتدأ و خبر

21

22
تدريبات

2.
Pilihlah kata yang tepat dari kata-kata yang ada dalam kurung!

23
الدرس
الثاني :
العنوان

blogargajogja.com
24
Standar
Kompetensi : Mendengarkan
5.
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
identitas diri
Kompetensi
Dasar :
5.1 MengidentifIkasi bunyi, dan ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan mencocokkan dan membedakan secara
tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
5.1.1 Melengkapi
kalimat
rumpang dengan kata yang tepat tentang identitas diri
5.1.2 Memilih
kalimat sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan
tentang identitas diri
Standar
Kompetensi : Berbicara
6.
Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog
sederhana tentang identitas diri
Kompetensi
Dasar :
6.1 Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar yang
mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
6.2 Memilih dialog sederhana yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan
santun dan tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
6.1.1 Memberikan
pertanyaan dan jawaban dengan lafal dan intonasi yang tepat sesuai konteks
tentang identitas diri
6.1.2 Mendemonstrasikan percakapan dengan lafal dan intonasi yang benar dan lancar sesuai konteks tentang identitas diri
6.2.1 Menjawab pertanyaan dalam percakapan sederhana yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun
dan tepat
Standar
Kompetensi : Membaca
7.
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang
identitas diri
Kompetensi
Dasar :
7.1 Memperoleh informasi umum dan atau
rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat dengan mencari kata kunci dan
informasi umum atau rinci
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
7.1.1 Menyebutkan
tema/judul dari teks
sederhana secara tepat tentang identitas diri
7.1.2 Menjelaskan informasi dari teks sederhana secara tepat tentang identitas diri
Standar
Kompetensi : Menulis
8.
Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog
sederhana tentang identitas diri
Kompetensi
Dasar :
8.1
Menuliskan kata,frase dan kalimat dengan tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
8.1.1 Membilang angka 1-20
dengan bentuk tulisan
8.1.2 Meniru
kalimat dengan tulisan yang bagus
25
الدرس
الثاني :
العنوان


26

27
تدريبات
1. Lengkapilah kalimat rumpang di bawah ini dengan kata yang
tepat berdasarkan teks percakapan di atas !


2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan
teks percakapan di atas!

28

29

30
تدريبات

31
2. Ustadzah bertemu Maryam dan Kholid lalu bertanya kepada
keduanya tentang alamat rumah.



32


33

تدريبات
*
اجر الحوار مع صديقك امام الفصل !
34
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF
Nama
Siswa : _______________________
Kelas : _______________________
1.
Menjawab Pertanyaan dalam percakapan sederhana
No.
|
Adab
|
Intonasi
|
Ketepatan
|
Kelancaran
|
skor
|
1.
|
|||||
2.
|
|||||
3.
|
|||||
4.
|
|||||
5.
|
|||||
Jumlah
|
|||||
Rata-rata
|
35


36

37
تدريبات

1- ما موضوع القراءة
؟


38
(Menulis) د-
الكتابة
القواعد
: العدد

39

40
تدريبات
1. Tulislah angka-angka di dalam gambar berikut
ini dalam bentuk tulisan huruf !

2. Pilihlah angka yang sesuai dengan tulisan
hurufnya !

41
3. Tulislah jawaban yang tepat sesuai dengan
yang ada di gambar !

4. Pilihlah jawaban yang tepat sesuai dengan
yang ada di gambar !

42

5. Salinlah tulisan huruf dari angka-angka
berikut ini !

1- 6-
2- 7-
3- 8-
4- 9-
5- 10-
43

11- _____________ 16- _______________
12-
___________ 17- ____________
13-
___________ 18- ____________
14-
___________ 19- ____________
15-
___________ 20- ____________
44

45

46

47
التمرينات العامة

48

49

50

51

52

53
DAFTAR
PUSTAKA
● Muhajir,dkk. 2007. Bahasa Arab Mudah dan
Menyenangkan. Yogyakarta : Pustaka
Insan Madani
● Mukhlish. 2008. Bahasa Arab SD/MI Kelas II. Yogyakarta : Pustaka Insan
Madani
● Ummi
Kulsum, Robi’ah dan Muhdil Anam. 2009. Penuntun Belajar Bahasa Arab untuk MTs Kelas VII. Depok : Arya Duta
● www.google.co.id
54
Maaf masih dalam penyempurnaan
ReplyDeleteboleh save
ReplyDelete