Monday, August 1, 2016

Modul Bahasa Arab Kelas X SMA




MODUL
PELAJARAN  BAHASA ARAB TINGKAT DASAR
SMA KELAS X
SEMESTER GANJIL




 








Oleh :
Hj. Yanti Susanti Maesaroh, S.Pd.





JAKARTA
2013
KATA  PENGANTAR

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
Atas berkat rahmat Allah Yang Maha kuasa, akhirnya Modul Pelajaran Bahasa Arab berhasil disusun, segala kemudahan dan kelancaran, Penulis dapat rasakan selama menyelesaikan Modul Pelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar ini.
Modul yang berjudul Pelajaran Bahasa Arab Tingkat Dasar ini, dimaksudkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran Bahasa Arab, khususnya agar siswa/i mampu menguasai keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak,berbicara, membaca,dan menulis.
Penulis haturkan banyak terima kepada beberapa pihak yang membantu ataupun mendukung dalam penyelesaian modul ini, diantaranya :
1.      Yth. Kepala SMA Negeri Jakarta
2.      Para sahabat handai taulan yang tidak dapat  Penulis sebutkan satu persatu.
Penulis menyadari sepenuhnya bahwa modul ini masih terdapat kekurangsempurnaan. Maka saran dan kritik dari semua pihak, yang mengarah kepada penyempurnaan modul ini sangat diharapkan sekali.
Akhirnya semoga modul ini  dapat memberi manfaat dan  nilai tambah bagi semua pihak yang terkait.
Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

     Jakarta,  7  Januari  2013


            Penulis




ii
فهرس الكتاب
(DAFTAR ISI)

صفحة
(Halaman)
صفحة الموضوع
i…………………………………………… (HALAMAN JUDUL)
كلمة التقديم 
ii …………………………………………. (KATA PENGANTAR)
فهرس الكتاب
iii .……….…………………………………………. (DAFTAR ISI(
الدرس الأول  : التعارف  
1- 23…..……….……………………  Pelajaran Pertama : Perkenalan
الدرس الثاني : العنوان 
24- 47...........…..……….……………………  Pelajaran Kedua : Alamat
التمرينات العامة
  49 48-....……..…..……….……………………  Latihan Ulangan Umum
المراجع
    54..…………………………………………  )DAFTAR PUSTAKA(




iii

الدرس الأول  : التعارف

nurhyati.blogspot.com
1
Standar Kompetensi : Mendengarkan
1.       Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
Kompetensi Dasar :
1.1   MengidentifIkasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) yang diperdengarkan  secara  tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1.1.1 Melengkapi kata dengan huruf,  sesuai kata yang didengar
1.1.2 Memilih kata sesuai dengan yang diperdengarkan

Standar Kompetensi : Berbicara
2.            Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana     tentang identitas diri
Kompetensi Dasar :
2.1     Melakukan percakapan pendek sederhana dengan lancar tentang identitas diri 
2.2     Memilih dialog sederhana yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun     dan tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
2.1.1  Memberikan pertanyaan dan jawaban dengan lafal dan intonasi yang tepat sesuai konteks tentang identitas diri
2.1.2  Mendemonstrasikan percakapan dengan lafal dan intonasi yang benar dan lancar  sesuai konteks tentang identitas diri
2.2.1 Menjawab pertanyaan dalam percakapan sederhana yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
Standar Kompetensi : Membaca
3.            Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
Kompetensi Dasar :
3.1     Mengidentifikasi teks sederhana secara tepat
3.2     Menampilkan bacaan nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.1.1  Menyesuaikan informasi dari teks sederhana tentang identitas diri
3.1.2  Mendemonstrasikan bacaan sederhana tentang identitas diri dengan lancar dan baik
3.2.1  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan intonasi tepat

Standar Kompetensi : Menulis
4.            Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri       
Kompetensi Dasar :
4.1        Menuliskan kata,frase dan kalimat sesuai dengan  struktur yang  tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
4.1.1  Menjelaskan mubtada’ dan khabar sesuai dengan konteks kalimat
4.1.2  Memilih kosa kata yang tepat sesuai dengan konteks kalimat

2

الدرس الأول  : التعارف
أ- الأستماع
(Menyimak)

A. Huruf Abjad Arab :
اْلاَبْجَدُ اْلعَرَبِى


ح
ج
ث
ت
ب
ا
Ha’
Jim
Tsa’
Ta’
Ba’
Alif
س
ز
ر
ذ
د
خ
Sin
Jai
Ra’
Dzai
Dal
Kho’
ع
ظ
ط
ض
ص
ش
‘ain
Dhoo’
Tho
Dho’
Shod
Syin
م
ل
ك
ق
ف
غ
Mim
Lam
Kaf
Qof
Fa’
Ghoin
ي
ء
لا
و
ن
Ya
Hamzah
Lam alif
Ha
Waw
Nun

















3

B. Harakat (Syakal) :

Bagian I
ﹿ
Keterangan :
Dammah _ u
ﹿ
Sukun (tanda- mati)
Kasrah _ i
Fathah _ a
Contoh :
Famu = فَ مُ <<<
fa = فَ « ---- a = = ف
Mu = مُ « ---- u = = م
Latihan mendengar  : Lengkapilah dengan huruf arab sesuai yang diperdengarkan guru!
1.ر___   
2.ب ___        
3.ت ___          
4.  ل   ___       
5.ك ___        
6.ج ___        
7.ت ___          
8.ش ___         
9.ص ___      
10.م ___      
4
Latihan mandiri 1
اَلتَدْرِيْبَ

  1. Gantilah dengan huruf latin !
  2.  عَ مُ(1
_____________________ =
نَ صَ رَ  (2
_____________________ =
 سَ لِ مَ (3
_____________________ =
  1. Gantilah dengan huruf Arab yang bersyakal !
1) da ra sa : _________________
2) ja ha da : _________________
3) na ja ha : _________________
C. Harakat (Syakal) :

Bagian 2
  1. Tanwin ( تَنْوِيْنٌ ) : ً   ٌ ٍ
  2. Tasydid (تَشْدِيْدٌ ) :
  3. un : dammatain ( (  an : fathahtain = (  ) in : kasrahtain = (  ) mendobelkan huruf =
Keterangan :
  1. tanwin hanya dapat ditempatkan di akhir kata (tidak boleh di tengah atau diawal )
  2. tasydid dapat ditempatkan di tengah dan diakhir kata (tidak dapat diawal kata )
5
D. Merangkai Huruf :

Ada empat macam cara penulisan huruf Arab yaitu sebagai berikut :
Contoh
Huruf Akhir
Huruf Tengah
Hrf Awal
Huruf berdiri sendiri

Contoh
Huruf Akhir
Huruf Tengah
Hrf Awal
Huruf berdiri sendiri
طَالَعَ



ط

اِيْمَانٌ
-
ا
ا
ظَفَرَ



ظ

بَابٌ



ب
يَعْلَمُ



ع

مَكْتَبٌ



ت
غَيْبٌ



غ

ثَلاَثَةٌ



ث
فَاَخْلَفَ



ف

جَنَاحٌ



ج
قَلْقٌ



ق

اَلْحَاجُّ



ح
كُرَّةٌ



ك

وَسَخَ



خ
مَلَكَ



ل

دُنْيَا



د
مِمَّا



م

لَذِيْذٌ



ذ
نَبِيُّنَا



ن

خَيْرٌ



ر
وُقُوْدٌ



و

يَزُوْرُ



ز
هَيْئَةٌ




جِنْسٌ



س
اِسْلاَمٌ



لا

شَمْسِيَّةٌ



ش











Ada cara penulisan tertentu
ء

صَبْرٌ



ص
يُبَيِّنُ



ي

مُضِلٌّ



ض



6
E. Huruf Mad :


Huruf mad ialah huruf yang berfungsi memanjangkan bacaan jumlahnya ada tiga, yaitu :
1.      Alif yang berharakat ( ا )
2.      Wawu yang disukun ( وْ )
3.      Ya yang disukun ( يْ )

F. Ejaan yang diarabkan :




1.     Konsonan
Huruf C
Ditulis dengan
»
تش

Seperti : Cut

تشُوتْ
Huruf G
Ditulis dengan

ﮎ \ ك

Seperti : Gontor

كَونْتَورْ
Huruf P
Ditulis dengan

ب

Seperti : Pancasila

بَنْتشَاسِيْلاَ
Huruf Ng
Ditulis dengan

نج

Seperti : Bandung

بَانْدُونْج
Huruf Ny
Ditulis dengan

ني

Seperti : Nya Dien

نَيادِينْ










7





2.     Vokal
Huruf e di tulis dengan ya yang disukun
Jatuh setelah fathah يْ---
Seperti : Raden = رَاديْن  Dedi =دَيْدِي
Huruf o di tulis dengan wawu yang sukun
Jatuh setelah fathah وْ ---
Seperti : Bogor = بَوْكوَر Gontor = كَونْتَورْ
3.     Syakal (Tanda Baca)
Huruf e ditulis dengan syakal ( ~ )
Seperti : ajeng : اَجنْج , Jepara = جبَارَا .
Latihan mandiri 2
اَلتَدْرِيْبَ

Salinlah dengan huruf Arab !
  1. Cirebon :                                           6.  Solo :
  2. Surabaya :                                         7.  Depok :
  3. Semarang :                                        8.  Lampung :
  4. Simbarwaringin :                            9.  Banyuwangi :
  5. Tengku Cik Ditiro :                      10.  Panglima Polim :


8
Test Indikator

  1. Lengkapilah kata-kata berikut dengan  huruf sesuai yang  di perdengarkan oleh guru !
١
افِذَةٌ__


٢
صُوْ__َةٌ


٣
أَمَا__َ


٤
__َبَاشِيْرٌ


٥
__حْتَ


٦
مَيْدَا__


٧
فَاطِ__ةٌ


٨
ضَ__بَ


٩
بُ__ْتُقَالٌ


١۰
مَ__تَبَةٌ



  1. Pilihlah kata sesuai dengan yang diperdengarkan oleh guru !

1- عبدلله _____                      2-  احمد مدرس _____
أ - استاذ                                    أ- باكستاني
ب - تلميذ                                   ب- سعودي
ج - مدرس                                 ج – أندونيسي
9
3- انا تلميذ ____                     4-  حسن استاذ ____
أ - جديد                                    أ- باكستاني
ب - عليكم                                 ب- سعودي
ج - أندونيسي                             ج – جديد

5- السلام _____                     6- محمد استاذ ____
أ - جديد                                   أ- باكستاني
ب - عليكم                                ب- سعودي
ج - أندونيسي                           ج - جيد                                  
7-صباح _____                      8- محمد طالب ____
أ - جديد                                   أ- باكستاني
ب - عليكم                                ب- سعودي
ج – الخير                                ج - جيد                                  
9- كيف _____                     10- محمود ولد ____
أ - حالك                                   أ- صالح
ب - عليكم                                ب- ذكي
ج – الخير                                ج - مجتهد                                  
10
11
2. Ahmad bersama dengan Taufiq berkunjung ke rumah Kholid, lalu Ahmad memperkenalkan Taufiq kepada Kholid

12
----------------------------------------------------------------------------------------------------------








13
3. Ahmad bersama dengan  Kholid bertemu  Ali, lalu Ahmad memperkenalkan Kholid kepada Ali

14
4. Salam dalam Bahasa Arab
15
تدريبات
أ- اعطي الأسئلة و الأجوبة عن التعارف !
  ؟ صباح  النور ………….   -1
؟ وعليكم السلام ورحمة الله  ………….   -2
  ؟ اهلا بك………….   -3
      خالد ؟ اسمي   ………….   -4
  ؟ انا من جاكرتا………….   -5
 ………... ..     مساء الخير    !-6
..…………    كيف حالك     ؟ -7
 …………..ليلتك سعيدة   !     -8
……...…...    ما مهنة ابيك   ؟ -9
 …………...      !   الي اللقاء-10

ب- اجر الحوار مع صديقك امام الفصل !



16
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF
Nama Siswa : _______________________
Kelas             : _______________________
1. Menjawab Pertanyaan dalam percakapan sederhana
No.
Adab
Intonasi
Ketepatan
Kelancaran
skor
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.









Jumlah





Rata-rata












17
18
تدريبات
ج- اقرأ النص جيدا
19
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF
Nama Siswa : _______________________
Kelas             : _______________________
1. Melafalkan kata/kalimat/frasa
No.
Adab
Intonasi
Ketepatan
Kelancaran
skor
1.





2.





3.





4.





5.





6.





7.









Jumlah





Rata-rata











20
 (Menulis)  د- الكتابة
ضمير و مبتدأ و خبر
  
21

22
تدريبات
    
2. Pilihlah kata yang tepat dari kata-kata yang ada dalam kurung!               
    

23
الدرس الثاني   : العنوان

blogargajogja.com

24
Standar Kompetensi : Mendengarkan
5.            Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
Kompetensi Dasar :
5.1     MengidentifIkasi bunyi, dan ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks   dengan mencocokkan dan membedakan secara tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
5.1.1  Melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang tepat tentang identitas diri
5.1.2  Memilih kalimat sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan tentang identitas diri

Standar Kompetensi : Berbicara
6.             Mengungkapkan informasi secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
Kompetensi Dasar :
6.1     Melakukan dialog sederhana dengan lancar dan benar yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat
6.2     Memilih dialog sederhana yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun   dan tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
6.1.1  Memberikan pertanyaan dan jawaban dengan lafal dan intonasi yang tepat sesuai konteks tentang identitas diri
6.1.2 Mendemonstrasikan percakapan dengan lafal dan intonasi yang benar dan lancar  sesuai konteks tentang identitas diri
6.2.1 Menjawab pertanyaan dalam percakapan sederhana yang mencerminkan kecakapan berkomunikasi dengan santun dan tepat

Standar Kompetensi : Membaca
7.            Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri
Kompetensi Dasar :
7.1     Memperoleh informasi umum dan atau rinci dari wacana tulis sederhana secara tepat dengan mencari kata kunci dan informasi umum atau rinci
Indikator Pencapaian Kompetensi :
7.1.1  Menyebutkan tema/judul dari teks sederhana secara tepat tentang identitas diri
7.1.2  Menjelaskan informasi dari teks sederhana secara tepat tentang identitas diri

Standar Kompetensi : Menulis
8.            Mengungkapkan informasi secara tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang identitas diri       
Kompetensi Dasar :
8.1        Menuliskan kata,frase dan kalimat dengan tepat
Indikator Pencapaian Kompetensi :
8.1.1  Membilang angka 1-20 dengan bentuk tulisan
8.1.2  Meniru kalimat dengan tulisan yang bagus



25
الدرس الثاني   : العنوان
      
26




27
تدريبات
1. Lengkapilah kalimat rumpang di bawah ini dengan kata yang tepat berdasarkan teks percakapan di atas !

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini berdasarkan teks percakapan di atas!
28
29

30
تدريبات




31
2. Ustadzah bertemu Maryam dan Kholid lalu bertanya kepada keduanya tentang alamat rumah.
32


33
تدريبات
*  اجر الحوار مع صديقك امام الفصل !




34

LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF
Nama Siswa : _______________________
Kelas             : _______________________
1. Menjawab Pertanyaan dalam percakapan sederhana
No.
Adab
Intonasi
Ketepatan
Kelancaran
skor
1.





2.





3.





4.





5.





















Jumlah





Rata-rata











35

scan qiroah hal

36





37
تدريبات
 أ-
1- ما موضوع القراءة ؟

 ب- 







38
(Menulis)  د- الكتابة
  القواعد : العدد
39



40
تدريبات
1.       Tulislah angka-angka di dalam gambar berikut ini dalam bentuk tulisan huruf !
2.   Pilihlah angka yang sesuai dengan tulisan hurufnya !



41
3.       Tulislah jawaban yang tepat sesuai dengan yang ada di gambar !
4.       Pilihlah jawaban yang tepat sesuai dengan yang ada di gambar !


42
5.    Salinlah tulisan huruf dari angka-angka berikut ini !
1-                                           6-
2-                                           7-
3-                                           8-
4-                                           9-
5-                                         10-
43

11- _____________          16- _______________
12- ___________       17- ____________
13- ___________       18- ____________
14- ___________      19- ____________
15- ___________      20- ____________

44
45

46
47
التمرينات العامة


48
49
50
51
52
53
DAFTAR PUSTAKA

     Muhajir,dkk. 2007. Bahasa Arab Mudah dan Menyenangkan. Yogyakarta :  Pustaka Insan Madani
     Mukhlish. 2008. Bahasa Arab SD/MI Kelas II. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani
     Ummi Kulsum, Robi’ah dan Muhdil Anam. 2009. Penuntun Belajar Bahasa Arab untuk MTs Kelas VII. Depok : Arya Duta
      www.google.co.id










54

2 comments: